Minggu, 04 September 2016

Sabtu Malam Nila

Setiap tetesnya membasahi hati yang mengering, gersang, tapi sayangnya aku kehilangan senja kali ini. Secangkir capucino dan salah satu buku karangan idolaku menemani malam mingguku ditengah rintik hujan yang tak kunjung usai. Jika biasanya ku nikmati  capucino panas yang agak sedikit kental disetiap teguknya, kali ini kubiarkan dingin dan meneguknya sekaligus. Mungkin karena hatiku yang sedang bergemuruh.
Hari berubah menjadi gelap, pekat. Begitu pula hatiku. Seperti inikah rasanya patah hati? Bukannya aku pernah mengalami ini sebelumnya? Tapi kali ini aku benar-benar terpuruk. Tuhaan, jika nanti hatiku harus kembali patah aku harap tidak akan seterpuruk ini. Bahkan membaca buku favoritku yang biasanya membuat aku lupa waktupun kali ini aku tak bisa.
Aku bukan gadis yang mudah untuk mengenal laki-laki, apalagi jatuh cinta. Meskipun aku selalu berusaha ramah pada siapapun. Tapi Die mampu meluluhkan hatiku yang sudah membeku. Die membuatku bangkit setelah sekian lama terjatuh dan menutup hati meskipun pada akhirnya aku kembali terjatuh. Aku memang bukan gadis yang manis dengan sipat alis, cantik dengan pakaian modis, keren dengan barang-brang branded. Aku mah apa atuh?  Cuma seseorang yang bermodalkan hati yang tulus. Lalu aku bisa apa ketika hati yang tulus inipun dikhianati? Tapi aku tak akan menyesalinya apalagi membencinya karena kita pernah saling menyayangi dan Die juga yang membuatku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Aku menganggap ini sebuah pelajaran tambahan agar kedepannya aku bisa menjadi lebih baik lagi. Mengenal Die membuat aku banyak belajar tentang hidup, tentang rasa dan tentang cinta.
Rintik hujan yang mulai reda terdengar seperti alunan musik saat perasaan sedang gundah. Aku menatap percikan tetesnya dari lampu jalanan yang menghamburkan cahayanya di tengah kabut selepas hujan. Ku raih cangkir yang tadi berisi capucino panas. Aku lupa kalau aku sudah meneguknya sampai tetes terakhir. Aku hanya duduk terdiam memegangi buku yang bercoverkan siluet seorang pemuda tanpa ku buka, apalagi kubaca.
Tatapanku kosong, pikiranku mulai berkelana. Usiaku kini 23 tahun, teman-teman seusiaku kebanyakan telah berumah tangga bahkan menjadi  mama muda. Lalu aku? Bukannya tak ingin, tapi tuhan memang belum mengijinkanku bertemu dengan jodohku. Aku bersyukur aku belum menikah, setidaknya aku masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Belajar bagaimana menjadi seorang isteri yang baik, yang mengerti hak dan kewajibannya. Walaupun aku sadar aku bukanlah gadis yang baik, tapi aku selalu berusaha untuk lebih baik lagi. Itu kenapa aku membutuhkan imam, agar bisa menuntunku ke jalan yang lebih baik. Insyaallah aku tak akan khawatir karena usiaku, sebab tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan. Hawa diciptakan dari tulang rusuk adam, maka jika sudah waktunya nanti tulang rusuk itu akan kembali pada pemiliknya.
Saat ini aku hanya perlu memperbaiki diri karena janji tuhan “dia yang baik untuk yang baik, dia yang buruk untuk yang buruk pula”. Tak ingin tergesa-gesa pula, lebih baik lambat tetapi mendapatkan pasangan yang tepat dibanding cepat tetapi terluka berlipat-lipat. Terkadang ada rasa takut ketika aku memikirkan sebuah pernikahan. Takut aku tidak bisa menjadi seorang isteri yang baik, menjanda diusia muda atau tidak harmonis dalam keluarga. Tapi aku tidak mungkin selamanya sendiri. Meskipun aku mampu bertahan tetap saja aku membutuhkan sosok laki-laki yang menjadi imamku.
Kabut malam semakin tebal, dingin mulai menerobos masuk ke setiap pori-poriku tapi aku masih terduduk sendiri diteras rumah. Membiarkan rasa dingin menyelimutiku. Tiba-tiba ku dengar suara ibu dari balik pintu “Nil, masuk nak di luar dingin” ibu menghampiriku mengusap-usap kedua pundakku dari belakang. “ perbanyaklah sujudmu nak, terutama di sepertiga malam insyaallah tuhan segera mengabulkan doamu”. Aku hanya tersenyum memandangnya. Lalu ibu berlalu ke kamarnya. Seperti tahu semua yang aku rasakan tanpa aku bercerita kepadanya. Begitulah naluri seorang ibu.
Akupun berlalu meninggalkan gelap yang dikuasai kabut malam ini.

--- THE END ---

1 komentar: